AplikasiMedia Sosial

Mengenal Aplikasi Telegram dan 7+ Kelebihannya

apa itu telegram

Saat ini internet semakin murah dan mudah diakses. Komunikasi yang dulu menggunakan SMS kini sudah digantikan dengan aplikasi chatting yang memanfaatkan internet.

Salah satu aplikasi chatting yang sering digunakan adalah Telegram. Menurut data dari statista per Oktober 2019, pengguna aktif Telegram telah mencapai 200 juta orang di seluruh dunia.

Apa itu Telegram?

Telegram adalah  layanan berkirim pesan / chatting berbasis cloud yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon (voice call), video call, dan mengirimkan file seperti gambar, video, dan format file lainnya (doc, zip, mp3, dll).

Telegram dibuat oleh Nikolai Durov dan Pavel Durov yang merupakan kakak beradik asal rusia. Fitur keamanan menjadi prioritas dari aplikasi telegram untuk melindungi privasi pengguna.

Apa saja kelebihan Telegram?

1. Gratis tanpa iklan

Anda dapat menggunakan Telegram secara gratis. 100% Free. Tidak ada iklan yang tiba-tiba muncul seperti di aplikasi gratisan lainnya.

Lalu dari mana Telegram mendapatkan uang untuk operasional? Satu-satunya sumber pendapatan Telegram saat ini adalah donasi dari Pavel Durov, seorang entrepreneur Rusia yang menjadi founder dari situs jejaring sosial VK sekaligus pencipta telegram.

2. Mendukung Multi-platform

Telegram aplikasi multi-platform | gambar via applikeysolutions[dot]com

Telegram dapat digunakan di perangkat Android, iPhone, iPad, Windows, Mac, dan Linux milik Anda secara bersamaan, dan tidak ada batasan jumlah perangkat.

Seluruh chat  Anda akan disinkronisasi secara real time berapapun jumlah perangkat yang Anda gunakan.

3. Group hingga 200.000 orang

Satu Group di Telegram bisa memiliki hingga 200.000 member. Jumlah ini dapat menampung seluruh warga negara Monaco dalam satu Group, bahkan jika setiap warganya mempunyai 5 akun Telegram.

4. Unlimited member untuk Channel Telegram

Channel merupakan fitur untuk menyampaikan informasi satu arah. Member tidak dapat mengirimkan chat di Channel Telegram.

Member baru bisa melihat seluruh history pesan dan file yang di-share hingga ke pesan yang paling awal.

5. Berbagi file hinggal 1,5 GB

Telegram bisa digunakan untuk berbagi foto, video, dan file tanpa batasan jumlah asalkan ukuran tiap file tidak melebihi 1,5 GB.

6. Tersimpan di Cloud storage

File yang anda kirim ke chat dengan akun lain, Group, atau channel akan tersimpan di server Telegram. Anda bisa menghapus file itu dari perangkat Anda dan orang lain tetap bisa men-download file itu dari chat Anda.

Jika Anda menghapus file yang Anda bagikan di chat, file yang tersimpan di server Telegram juga akan dihapus.

7. Dapat menghapus pesan lama

Anda bisa menghapus semua chat yang anda kirim ke akun lain, bahkan jika itu chat yang sudah lama sekali.

Namun menghapus chat di sisi Anda dan penerima hanya bisa dilakukan jika anda melakukan chat one-on-one. Tidak berlaku untuk chat yang Anda kirimkan di Group.

8. Enkripsi yang Aman

Telegram fokus menjaga privasi pengguna | gambar via vanish[dot]org

Semua pesan yang dikirim melalui fitur Secret Chat menggunakan enkripsi end-to-end.

Anda hanya bisa mengakses chat yang Anda kirim dari perangkat yang digunakan untuk mengirimnya. Berbeda dengan chat biasa yang dapat diakses dari semua perangkat Anda.

Anda bisa mengatur pesan, foto, video, dan file yang dikirim untuk otomatis terhapus dalam jangka waktu tertentu setelah dibaca oleh penerima. Chat akan terhapus dari perangkat Anda dan penerima.

Download Aplikasi Telegram

Terdapat beberapa platform yang tersedia ketika ingin menggunakan aplikasi chatting telegram. Seperti aplikasi WhatsApp, telegram dapat digunakan pada android, iPhone, PC maupun langsung via web. 

Berikut link download/akses berbagai versi aplikasi telegram:

  1. Telegram untuk Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=org.telegram.messenger
  2. Telegram untuk iPhone / iPad: https://apps.apple.com/app/telegram-messenger/id686449807
  3. Telegram untuk PC (Windows, Mac, dan Linux): https://desktop.telegram.org/
  4. Telegram Web: https://web.telegram.org/
Sign up for our Newsletter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *